Disukai Banyak Orang, Konsumsi Kopi Joss Bisa Bahayakan Kesehatan

Jakarta – Disajikan unik dengan arang menyala, kopi joss jadi minuman kopi yang diincar wisatawan. Ternyata kopi joss bisa membahayakan kesehatan.
Kopi joss atau kopi arang merupakan racikan kopi khas Yogyakarta. Racikannya berupa kopi hitam yang kemudian dicelup arang api yang menyala.

Penamaan ‘joss’ diambil dari efek suara membara yang dikeluarkan saat memasukkan arang ke dalam kopi. Cara penyajian yang ini membuat banyak orang tertarik.

Terutama para wisatawan dari luar Yogyakarta. Maka tak heran, banyak angkringan kopi yang menawarkan kopi joss di Yogyakarta.

Mencelupkan arang api menyala ke dalam kopi dirasa memberikan kenikmatan tersendiri. Namun, di balik kenikmatannya ternyata menyimpan efek samping yang berbahaya.

Berikut faktanya!
1. Berisiko menyebabkan penyakit


Sebelumnya santer disebutkan bahwa kopi joss diklaim mampu mendetoksifikasi dalam tubuh. Namun, para pakar kesehatan justru memberikan fakta sebaliknya.

Dikutip dari The Malaysian Reserve (23/11/23) pakar kesehatan mengatakan bahwa kopi joss bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh.
Antara lain seperti kembung, diare, hingga radang usus buntu. Selain itu, Konsultan Kardiologi dan Penyakit Dalam Rumah Sakit Sultanah Aminah Dr Ng Kim Fong menyebutkan kopi joss bisa menyebabkan kanker.


2. Peran arang dalam kopi
Lebih lanjut, Dr Ng juga menjelaskan bahwa kopi joss bisa berbahaya bagi penderita diabetes, darah tinggi, dan jantung. Sebab, bisa mempengaruhi khasiat obat.

Arang bersifat netral dan akan menyerap semua zat yang ada di lambung, termasuk obat yang diminum pasien sehingga menyebabkannya tidak efektif untuk pengobatan.

3. Tidak bisa disamakan dengan arang aktif


Menurut Dr Ng, memasukkan arang panas yang belum diolah atau dimurnikan ke dalam minuman atau makanan tidak bisa disamakan dengan memasukkan arang aktif.
Arang aktif yang sudah diolah dan dimurnikan aman untuk dikonsumsi. biasanya diberikan dalam bentuk obat kepada pasien yang menderita penyakit dari keracunan makanan.

“Arang aktif yang sudah dimurnikan aman digunakan dengan takaran yang diperbolehkan sekitar 100 gram,” ujar Dr Ng.


4. Arang pada kopi joss berbahaya
Sementara itu, arang yang digunakan dalam racikan kopi joss merupakan arang yang belum diolah dengan baik, sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

Ketika dikonsumsi, kemungkinan ada unsur beracun yang masuk ke dalam tubuh. “Jadi. masyarakat tidak boleh mudah terpengaruh oleh tren terkini,” tutur Dr Ng.


“Sentimen umum yang mengatakan bahwa arang itu berdebu memang benar, jadi meskipun arang itu sendiri bukan bahan beracun, tapi akan timbul debu saat dibakar,” tuturnya.

5. Proses pembakaran arang yang berbahaya


Debu itulah yang dikhawatirkan tidak aman untuk dicerna, karena hasilnya dari proses pembakaran. Apalagi dalam proses tersebut tidak diketahui apakah terjadi kontaminasi.

“Mungkin terjadi pencampuran kotoran serta produksi asam atau bahan kimia lain seperti hidrokarbon, sehingga lebih tidak aman untuk dicerna,” ujar Dr Ng.

Mengingat arang itu tidak diproduksi untuk dikonsumsi, sehingga belum dilakukan uji klinis untuk memastikan tingkat kebersihannya, terutama yang melibatkan bakteri. https://beritaberitaterbaru.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*