Aplikasi Kencan Coffee Meets Bagel Kena Hack, Data Ini Dicuri

Jakarta, CNBC Indonesia – Kejahatan siber menjadi ancaman serius di tengah kehidupan masyarakat digital saat ini. Aplikasi kencan online, Coffee Meets Bagel, atau yang biasa disingkat CMB, baru-baru ini menjadi korban peretasan. Hal itu diungkapkan sendiri oleh perusahaan lewat email yang dikirim ke sejumlah pengguna. 

Dalam email yang dikirim perusahaan ke pengguna pada Minggu (24/12/2023), CMB mengakui bahwa insiden peretasan terjadi pada 27 Agustus 2023 lalu. 

“Kami menyadari bahwa pihak luar dengan jahat menghapus data dan file perusahaan dari platform CMB,” demikian bunyi email pemberitahuan tersebut. 

Meski begitu, perusahaan yang diluncurkan pada 2012 tersebut memastikan bahwa insiden peretasan tidak memengaruhi platform yang digunakan untuk pembayaran membership, sebab hal itu ditangani melalui vendor pihak ketiga.

Lalu, data apa yang dicuri pelaku peretasan dari platform CMB?

“Investigasi kami mengungkapkan bahwa data yang terpengaruh mencakup nama, alamat email, nomor telepon, dan tanggal lahir Anda. Sebagai pengingat, kami tidak menyimpan informasi kartu kredit atau kata sandi Anda,” kata perusahaan lewat email yang dikirim ke seorang pengguna di Indonesia. 

Atas insiden ini, aplikasi yang berbasis di Amerika Serikat tersebut mengaku langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan juga melakukan investasi lebih lanjut. 

CMB juga mengingatkan pengguna untuk berhati-hati apabila menerima email atau pesan lain yang mencurigakan. 

“Berhati-hatilah terhadap segala komunikasi yang tidak diminta yang meminta informasi pribadi Anda atau mengarahkan Anda ke situs atau aplikasi yang mungkin juga meminta informasi pribadi. Hindari mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari email yang mencurigakan.” https://knalpotbelah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*