Tempat Terbaik Merayakan Natal di RI dan Luar Negeri

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Perayaan hari raya Natal 25 Desember menjadi momentum spesial bagi umat Kristiani setiap tahunnya. Momen hari raya Natal yang selalu hadir berbarengan dengan libur akhir tahun kerap kali dimanfaatkan segelintir orang untuk jalan-jalan, baik bepergian di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Adapun banyak orang memilih merayakan Natal di luar kota maupun di luar negeri, lantaran mereka ingin merayakan suasana natal yang berbeda, dan berharap Natal di tahun ini terasa lebih istimewa dibandingkan sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak destinasi menarik yang tentunya sangat pas untuk menikmati perayaan Natal bersama keluarga. Melansir situs resmi Indonesia Travel Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, berikut 9 destinasi menarik di Indonesia yang bisa kamu datangi :


Gereja Santo Fransiskus Asisi, Berastagi

Destinasi yang pertama berada di Sumatera Utara nih, tepatnya di Berastagi, Karo. Gereja yang bernama Gereja Santo Fransiskus Asisi ini diresmikan pada tahun 2005 dan memiliki arsitektur yang menarik banget. Bangunan luarnya berbentuk serupa rumah adat Batak, lengkap dengan Rumah Gugung Tirto Meciho dan taman cantik dengan tumbuhan warna-warni yang memanjakan mata.

Gereja Katedral, Jakarta

Gereja yang sangat terkenal di Jakarta ini ternyata memiliki nama lain yang berasal dari Bahasa Jerman, yaitu De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Keindahan Gereja Katedral sudah bisa terlihat dari bangunan bergaya arsitektur neo gotik Eropa yang sudah diresmikan sejak tahun 1810.

Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Gua Maria Sendangsono berjarak kurang lebih 31 km dari Kota Yogyakarta. Terdapat sumber air yang muncul di antara dua Pohon Sono dan dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi ziarah dan meditasi yang ramai dikunjungi para pendatang dari berbagai daerah. Nggak hanya beribadah, namun pengunjung juga biasanya meluangkan waktu sejenak untuk menikmati keindahan panorama dan sejuknya udara lokasi gua yang berada di daerah Perbukitan Menoreh ini.

Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk di Semarang ini sangat instagenic karena bangunannya bergaya neo klasik yang estetik. Lokasinya berada tepat di Kota Lama Semarang, berdekatan dengan wisata lain yang bisa sekaligus dikunjungi di sekitar Gereja Blenduk ini, seperti 3D Trick Art Museum dan Pasar Klitikan Kota Lama.

Gereja Pohsarang, Kediri

Salah satu Gereja Katolik yang ada di Kediri ini memiliki sentuhan berbagai jenis tradisi yang kental akan budaya Jawa, Tiongkok, Hindu, dan Budha. Ada banyak tempat menarik di sini yang bisa dijelajahi saat perayaan Natal tiba, misalnya menelusuri Tiga Jalan Salib yang ikonik, bermalam di Wisma Betlehem, atau Pondok Rosario yang dibuat khusus bagi pengunjung untuk berdoa Rosario.

Gereja Pniel Blimbingsari, Bali

Jangan heran ketika berkunjung ke Gereja Pniel Blimbingsari yang ada di Desa Blimbingsari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, pasalnya bangunan rumah ibadah Nasrani ini memiliki bentuk menyerupai pura. Hal ini menunjukkan bentuk perpaduan menarik antara agama Nasrani dan kebudayaan Bali di Blimbingsari. Uniknya lagi, terdapat gong dan gamelan tradisional yang biasa digunakan sebagai upacara keagamaan. Namun, salah satu hal yang membedakan gereja ini dengan pura Hindu adalah keberadaan tanda salib di bagian puncak bangunan.

Patung Tuhan Yesus Memberkati, Tana Toraja

Terselip fakta menarik di balik Patung Tuhan Yesus Memberkati yang keindahannya tak kalah dari monumen kelas dunia, yaitu proses pembangunannya yang berangkat dari sayembara terbuka di tahun 2013 hingga menghasilkan sebuah patung indah setinggi 45 meter yang terdiri dari bangunan bawah kandean dulang dengan tinggi 22 meter dan patung 23 meter.

Patung ini berada di Kota Makale dengan latar belakang Gunung Buntu Burake, nggak heran bila destinasi religi andalan Tana Toraja ini tak pernah sepi dari pengunjung, baik mereka yang ingin berziarah atau sekadar berwisata keluarga.

Monumen Yesus Memberkati, Manado

Selain di Tana Toraja, patung Yesus raksasa juga bisa ditemukan di Manado. Ya, apalagi kalau bukan Monumen Yesus Memberkati di Citraland Winangun Manado. Dengan latar pemandangan yang indah, patung yang dibuat dengan kemiringan 20 derajat ini berdiri kokoh dan memiliki nilai religius tersendiri bagi umat Nasrani, khususnya mereka yang tinggal di Manado.

Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana, Larantuka

Destinasi ini merupakan salah satu wisata rohani yang sangat populer di Flores. Lokasinya tepat berada di Kota Larantuka yang juga dikenal sebagai kota spiritual. Terdapat dua patung suci yang terdiri dari patung Yesus Kristus dan dan patung Perawan Maria. Umumnya peziarah dan jemaat memadati tempat ini saat paskah tiba, ada banyak kegiatan keagamaan yang bisa diikuti saat berkunjung ke Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana, salah satunya adalah tradisi cium Tuan Ana dan Tuan Ma.

Nah, Itu merupakan deretan destinasi menarik yang bisa jadi tujuan wisata di Indonesia saat perayaan hari Natal, lantas bagaimana dengan destinasi menarik di luar negeri?

Berikut kota-kota di luar negeri dengan suasana Natal terbaik yang bisa kamu datangi:

Tallinn, Estonia

Pohon Natal merupakan ornamen wajib yang harus ada ketika perayaan Natal. Estonia merupakan sebuah tempat di mana pohon natal pertama berdiri. Lokasinya di Tallinn, Estonia. Pohon pertama Natal itu didirikan pada 1441. Di Tallinn suasana Natalnya bakal terasa berbeda, karena pohon natal yang ikonik ini tidak banyak dimiliki oleh kota-kota lainnya di dunia. Gemerlap lampu-lampu terang juga menghiasi sekeliling pohon Natal di sana.

Rovaniemi, Finlandia

Rovaniemi sendiri kerap disebut sebagai kampung halaman Santa. Lokasinya berada di Finlandia, di mana menjadi salah satu negara yang dikenal karena cuaca dinginnya. Merayakan Natal di sini, kamu bisa mencoba bermain salju dan menaiki kereta salju.

London, Inggris

Selama perayaan Natal, Kota London di Inggris akan terlihat lebih indah dan hidup. Wisatawan yang datang juga diwajibkan berkunjung ke Trafalgar Square untuk melihat pohon Natal yang megah dan berhias banyak pernak-pernik bintang, bola dan lampu.

Bruges, Belgia

Jika menyukai suasana Natal dengan nuansa jadul atau vintage, kamu bisa datang ke Kota Bruges di Belgia, kamu akan merasa seperti dibawa ke masa lalu. Bruges dikenal sebagai kota abad pertengahan dengan daerah jalanan yang berbatu. Saat Natal, area pusat Kota Bruges tampil menawan dengan instalasi lampu yang ikonik.

New York, Amerika Serikat

Kota besar nan modern seperti New York tentu akan memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari Natal secara megah. Alasan kamu harus berkunjung ke New York saat perayaan Natal, karena pemandangan Kota New York tampil lebih gemerlap hingga akan ada banyak acara-acara seru berlangsung di kota ini.

Cologne, Jerman

Lagi-lagi, kota di Eropa seakan tidak pernah gagal untuk menghadirkan suasana perayaan Natal yang berkesan. Kota Cologne di Jerman akan membuatmu merasa begitu terkesan saat menghabiskan waktu Natal di kota ini. Kamu dijamin tidak akan bosan berada di Cologne saat perayaan Natal, sebab kemeriahan pasar Natal di tepi Sungai Rhine membuat kamu betah berlama-lama. https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*