Perolehan Komeng: Tembus satu juta suara di pemilihan DPD Jawa Barat – Kenapa publik terpincut memilih artis di surat suara?

Foto 'nyeleneh' komedian Alfiansyah Komeng yang dikirimkan ke KPU untuk disertakan dalam surat suara.
Keterangan gambar,Foto ‘nyeleneh’ komedian Alfiansyah Komeng yang dikirimkan ke KPU untuk disertakan dalam surat suara.

Komedian Alfiansyah Komeng viral karena fotonya di surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat pada Pemilu 2024. Ia mendapatkan suara terbesar dalam perhitungan KPU sementara. Pengamat menilai masyarakat masih mengedepankan sosok yang terkenal dalam memilih perwakilan daerah ataupun calon legislatif.

Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga pukul 07:30 WIB, Sabtu (17/02) dengan data masuk mencapai 49,69%, Komeng meraup 1.380.427 suara (12,26%).

Angka tersebut jauh melebihi calon-calon lain pada surat suara DPD Jawa Barat. Di peringkat kedua, ada aktris Jihan Fahira dengan perolehan suara 512.161 (4,73%).

Pengamat politik dari Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN), Devi Darmawan, mengatakan bahwa dalam politik Indonesia, masih sangat ditentukan oleh sosok dan figuritas, ketimbang pengalaman dan gagasan. https://merujaksore.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*