Bupati Samosir Resmikan Totem Kamoro, Sebut Simbol Persahabatan Dua Suku

Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir meresmikan Totem Kamoro di Pelataran Totem Dunia, Kawasan Waterfront City Panguruan, Samosir, Sumatera Utara. Kehadiran Totem dari Papua ini diresmikan langsung oleh Bupati Samosir Vandiko T. Guldom.
Sebelumnya, Totem Kamoro dibawa oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Yayasan Maramowe, untuk kemudian diserahkan kepada pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Vandiko T. Gultom menyampaikan terima kasih atas dukungan PTFI yang juga berkolaborasi dan bersinergi bersama Pemkab Samosir dalam upaya pelestarian budaya dengan menghadirkan Totem Kamoro.

Ia menyebut Totem Kamoro di Danau toba ini menjadi lambang persahabatan antara suku Batak dan suku Kamoro Papua. Apalagi, Totem Kamoro diukir dengan penuh kesungguhan oleh para Pengukir Kamoro dari kampung Mioko di bawah naungan Yayasan Maramowe.

“Tentu kita berharap ini akan memberikan satu keunikan sendiri, walaupun kita memiliki beragam budaya namun kita dapat berdiri bersama. Ini adalah pesan yang dibawa pelataran ini, dan tentu dengan adanya totem-totem ini, semakin menguatkan Indonesia sebagai negara yang berbudaya dan Kabupaten Samosir semakin menyatakan bahwa kami sebagai daerah titik awal peradaban bangsa Batak,” kata Vandiko dalam keterangan tertulis, Kamis (23/11/2023).


Sementara itu, Direktur dan EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma menyebutkan Totem Kamoro terlihat tinggi menjulang berdampingan dengan Totem Batak dari Sumatera Utara. Ia pun berharap adanya Totem Kamoro yang kini telah telah menghiasi Danau Toba dapat membuka akses pengunjung untuk menyaksikan keindahan seni dan budaya Papua.

Totem Kamoro merupakan karya seni seniman kampung Mioko dari pesisir selatan Kabupaten Mimika Papua Tengah, yang dipersembahkan masyarakat Kamoro kepada masyarakat Batak Kawasan Danau Toba sebagai tanda persahabatan,” kata Claus.

Untuk diketahui, Suku Kamoro berada di pesisir Selatan Papua. Suku ini juga terkenal memiliki keahlian mengukir yang sudah ada sejak zaman dahulu.


Tak hanya itu, ketenaran Suku Kamoro menarik seorang budayawan kelahiran Hungaria berkebangsaan Amerika Serikat, Kal Muller menggelar pameran khusus bertajuk Kamoro Kakuru (Festival Kamoro) di Kabupaten Mimika.


Pendiri Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, Luluk Intarti menjelaskan kedua totemini menjadi Totem Kamoro tertinggi dan terbesar yang pernah dibuat untuk luar daerah Mimika.

Luluk menjelaskan Totem Kamoro terdiri dari dua Totem. Pertama Mbitoro, yaitu Totem sakral dalam adat Karapao dan Wemawe yang merupakan figur leluhur suku Kamoro.

Totem Mbitoro yang memiliki tinggi 8,4 meter, diameter 1,1 meter dengan berat sekitar 6 ton ini, merupakan kelengkapan sakral pada inisiasi Karapao bagi anak-anak lelaki Kamoro untuk memasuki fase remaja dan mempersiapkan diri mengemban pewarisan hak adat.

Mbitoro terdiri dari dua bagian, totem Wemawe di bagian bawah serta sayap di bagian atas. Totem ini dibuat dari satu pohon kayu besi (Intsia bijuga). Kemudian, batang pohon diukir menjadi Wemawe dan akarnya sebagai sayap.
Masyarakat Kamoro percaya, Mbitoro ditemukan dari dasar sungai, sesuai mitos bahwa Opokoro Muanoro (manusia yang hidup di atas tanah) dan Mimare Muanoro (sosok roh dalam sungai) adalah pemilik awal Mbitoro.

Selanjutnya Totem kedua, Wemawe memiliki panjang 8,2 m, diameter 98 cm dan berat 3,5 ton. Totem ini melambangkan penghormatan dan ungkapan terima kasih kepada orang tua berkuasa yang belum lama meninggal dunia. Bantuan dan perlindungannya kini diharapkan oleh keturunan mereka.


Adapun bahan baku kerajinan kedua totem ini adalah pohon kayu besi yang ada di sekitar pemukiman Suku Kamoro. Dalam proses mengukirnya pun Suku Kamoro memegang teguh budaya daerah setempat.

Terdapat simbol-simbol dalam totem seperti kulit buaya, gigi ikan, mopere dan lainnya yang dianggap sebagai representasi keseharian hidup nenek moyang Suku Kamoro.

“Budaya ukir Kamoro ini dapat terus bertahan ketika generasi muda mengetahui bahwa apa yang telah dilakukan pendahulunya menjadi satu kebanggaan tersendiri yang menjadi ikon nasional nantinya,” kata Luluk.


Di akhir, Luluk mengungkapkan melalui dukungan dari PT Freeport Indonesia, Yayasan Maramowe memasarkan dan memamerkan hasil kerajinan Suku Kamoro hingga ke kota-kota besar lainnya.

Selain untuk promosi budaya, produk-produk seni tersebut juga memberi pemasukan tambahan bagi masyarakat karena hasil dari penjualan sepenuhnya dikembalikan kepada para pengrajin. https://lakbanhitam.com

10 Buah yang Bagus Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Hidup Sehat

Jakarta – Buah merupakan asupan yang mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi lain yang bagus untuk tubuh. Ketika sedang diet, buah jadi asupan wajib untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.
Makan buah dilakukan saat sebagai pengganti gorengan, aneka kue, dan berbagai jenis camilan lainnya. Buah yang rendah kalori dan tinggi serat, menjadikan berat badan konsumen tidak mudah naik serta tetap kenyang.

Yuk simak pilihan buah yang bagus untuk diet.

10 Buah yang Bagus Untuk Diet
Dikutip dari situs Healthline, berikut ini 10 buah yang bagus untuk program diet:

1. Apel
Apel termasuk salah satu buah yang memiliki kalori yang rendah dan tinggi serat. Apel hanya memiliki 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar atau 223 gram.

Apel mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah penumpukan lemak visceral pada orang dengan BMI dan berat badan yang bervariasi. Selain itu, kulit apel mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat mengurangi risiko obesitas.


Apel dapat kamu nikmati dengan berbagai cara. Kamu dapat memakannya dalam keadaan mentah atau menggabungkannya dengan makanan lain seperti yogurt.

2. Buah Beri
Dikutip dari laman Women’s Health, buah beri mengandung serat yang tinggi dan gula yang rendah. Selain itu, buah beri mengandung antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Raspberry, blueberry, dan stroberi merupakan pilihan buah yang bagus untuk diet. Stroberi per porsi hanya mengandung 46 kalori dan 2,9 gram serat. Seporsi blueberry mengandung 84 kalori dan 3,6 gram serat. Satu porsi raspberry mengandung 64 kalori dan 8 gram serat.

3. Kiwi
Buah kiwi juga salah satu buah yang bagus untuk diet. Apabila kamu menyukai sesuatu yang manis namun asam, kamu dapat mencoba kiwi. Buah kiwi merupakan sumber vitamin C, vitamin K, folat, dan serat yang baik dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Kiwi termasuk buah yang kaya akan serat, Satu buah kecil yang sudah dikupas memiliki lebih dari 2 gram serat. Seporsi buah kiwi juga mengandung 108 kalori.

4. Melon
Melon merupakan buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Hal tersebut membuatnya bagus untuk mengontrol berat badan. 150 hingga 170 gram melon mengandung 46 hingga 61 kalori.

Buah melon juga kaya akan serat, kalium, antioksidan, dan vitamin C. Kamu dapat menikmati melon dalam bentuk segar atau dibekukan menjadi es loli. Kamu juga dapat mencampurkannya ke dalam smoothie buah.

5. Jeruk
Buah jeruk merupakan buah yang rendah kalori namun tinggi vitamin C serta serat. Selain itu, jeruk dapat mengenyangkan. Mengonsumsi buah jeruk yang utuh tidak hanya mengurangi rasa lapar dan menjadi asupan kalori yang rendah, tetapi juga dapat meningkatkan rasa kenyang.

6. Pisang
Beberapa orang mungkin menghindari pisang ketika diet karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Namun, pisang memiliki kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan, dan vitamin B6 dan C.

Pisang merupakan makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori yang bagus untuk dikonsumsi ketika diet. Pisang dapat dinikmati sendiri sebagai camilan yang nyaman saat berpergian atau ditambahkan pada berbagai macam hidangan.

7. Alpukat
Alpukat dapat membantu untuk menurunkan berat badan meski kandungan kalori dan lemaknya tinggi. Pada 100 gram buah alpukat mengandung 161 kalori. Alpukat dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan kadar kolesterol.

8. Pepaya
Pepaya kaya akan enzim yang dapat meringankan gangguan pada saluran pencernaan dan mengurangi kembung. Buah pepaya juga rendah kalori dan kaya akan serat.

Satu porsi buah pepaya mengandung 60,2 kalori, 2,4 gram serat, o,7 gram protein, dan 0,4 gram lemak. Kamu dapat memakannya sendiri tanpa dicampur dengan hidangan lain.

9. Buah pir
Buah pir memiliki serat yang tinggi. Hal tersebut membuatnya membantu meminimalkan ngemil sembarangan dan menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Seporsi buah pir mengandung 85,5 kalori, 22,8 gram karbohidrat, 4,7 gram serat, dan 14,6 gram gula.

Dikutip dari karya tulis ilmiah berjudul Pengaruh Mengkonsumsi Buah Pir Terhadap Debris Indeks yang ditulis oleh Ivana Alvita Syarif dalam Repository Politeknik Kesehatan Tanjungkarang, buah pir mengandung cukup banyak air dan kaya akan nutrisi. Kandungan air yang cukup banyak di dalam buah pir dapat menjaga kita tetap terhidrasi.

10. Lemon
Kamu mungkin tidak ingin mengonsumsi buah ini, namun lemon memiliki cukup air yang penting untuk diet. Kamu dapat menambahkan lemon ke dalam air untuk membuat buah ini menjadi lebih enak.

Selain itu, buah ini juga dapat menambah asupan vitamin C. Sebutir lemon umumnya mengandung 61,5 kalori, 5,9 gram serat, 5,3 gram gula, dan 0,6 gram lemak. https://repositoryku.com

Keluarga Ungkap Lost Contact dengan Fitriani Sejak 3 Tahun Lalu

Blitar – Kerangka manusia yang ditemukan di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar diidentifikasi sebagai Fitriani (21), warga Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Keluarga Fitriani mengungkapkan terakhir kali melakukan komunikasi 3 tahun yang lalu.
“Melalui Kapolsek Konda Iptu Kartini Suryaningsih telah menghubungi keluarga korban (Fitriani), dan keluarga telah membenarkan bahwa korban adalah benar keluarganya,” kata Plt Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Samsul Anwar saat ditemui detikJatim di Mapolres Blitar Kota, Kamis (23/11/2023).

Samsul menyebut kedatangan Polsek Konda diterima langsung oleh keluarga Fitriani. Berdasarkan keterangan keluarga, mereka sudah lama tidak melakukan komunikasi dengan Fitriani. Selama hampir tiga tahun terakhir tidak melakukan komunikasi sama sekali.


“Informasinya (dari keluarga Fitriani) sudah lama tidak pulang. Terakhir menghubungi (komunikasi) dengan keluarga 3 tahun lalu,” terangnya.

Menurut Samsul, Fitriani diduga menikah dengan Suprio Handono sudah sejak lama. Itu karena anak pertama mereka sudah berusia sekitar 7 tahun. Selain itu, hubungan Fitriani dan keluarga kecilnya juga dinilai tak masalah selama ini.

“Anak pertamanya sudah besar, mungkin sejak usia 14 tahun sudah menikah. Tapi yang pasti nanti menunggu hasil gelar perkara selesai ya,” sambungnya.

Keluarga Fitriani, Kata Samsul, juga meminta agar polisi mengusut tuntas peristiwa yang telah terjadi. Bahkan apabila nanti terdapat tersangka, maka keluarga meminta dihukum seberat-beratnya.


“Permintaannya ya tetap diproses, secara hukum kalau ada (tersangka) ya dihukum seberat-beratnya. Kemudian rencananya keluarga korban akan ke sini, tapi belum tahu kapan pastinya,” pungkas Samsul.

Sebelumnya, Identitas kerangka manusia yang ditemukan di dalam rumah di Desa Bacem, Ponggok, Kabupaten Blitar, akhirnya terungkap. Seperti yang diduga sebelumnya, kerangka manusia itu diketahui adalah Fitriani (21), warga Konda, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Plt Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Samsul Anwar mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Polres Konawe Selatan untuk mengungkap identitas kerangka manusia tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan, identitas tersebut dibenarkan oleh keluarganya. https://brewokkiri.com

“Kami bekerja sama dengan Polres Konawe untuk memastikan identitas korban, dan benar adalah saudari Fitriani (21) warga Kecamatan Konda,” terang Samsul saat dikonfirmasi detikJatim, Kamis (23/11/2023).

Anies Sebut Pembangunan Tol Harus Adil Tanpa Ambil Tanah Warga

Jakarta – Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berbicara terkait kebijakan yang menghadirkan rasa keadilan. Anies pun menyinggung pembangunan jalan tol harus memegang prinsip keadilan.
Hal itu disampaikan Anies dalam acara Rembuk Ide Transisi Energi Berkeadilan: Menelaah Gagasan dan Komitmen Calon Pemimpin Indonesia, di Hotel Le Meridian, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023). Anies mengatakan jika jalan tol dibangun oleh investor, maka harus membeli tanah dari masyarakat.

“Begini, kita mau bangun jalan tol terus kita bilang ‘bisa nggak bangun jalan tol berkeadilan?’ Kenapa jalan tol berkeadilan? Ya coba aja tidak marjinalkan orang ini kan mau marjinalkan nih,” kata Anies.

“Apa sih yang terjadi? Jalan tol itu dibangun oleh investor, investor itu datang diakuisisi tanah lebarnya 100 meter panjangnya puluhan kilometer,” sambungnya.


Dia mengatakan setelah tanah itu dibeli, maka akan pindah kepemilikan tanah dari masyarakat ke investor. Lalu, kata dia, masyarakat pun diminta untuk pindah dan meninggalkan tanah itu.

“Nah itu pindah kepemilikan dari orang desa ke investor, lalu pembebasannya ada penlok (penetapan lokasi), dengan ada penlok, maka tempatnya itu harus dibebaskan,” jelasnya.

Kemudian, kata Anies, yang menjadi pertanyaannya ialah, bisakah tanah itu tidak dibeli oleh investor. Sebab, dia ingin tanah itu dijadikan sebagai bagian dari penyertaan modal dalam pembangunan tol.

“Di dalam jalan tol yang dibangun, dia (rakyat) tetap diberikan cukup dana untuk bisa pindah, tapi tidak habis dana itu untuk semua pindah, tapi tanahnya dihitung proporsional dengan nilainya sehingga dia tidak termarjinalkan,” ungkap dia.

Maka, kata dia, dengan begitu rakyat yang memiliki tanah pun dapat merasakan hasil dari pembangunan jalan tol itu, bukan hanya investor saja. Anies menyebut kebijakan dengan prinsip berkeadilan itulah yang menjadi fokusnya. https://roketgubuk.com


“Tol ini akan usianya seumur Republik, keuntungannya seumur Republik, yang menikmati investornya, yang punya tanah sejak turun-temurun dari kakek neneknya itu tidak pernah lagi merasakan, ini mau marjinalkan. Tapi ketika kita lakukan dengan berkeadilan, itu selesai,” tuturnya.

Cerita Sopir Truk Alami Rugi gegara Macet 12 Jam Akibat Demo Buruh di Bekasi

Bekasi – Massa buruh melakukan aksi demonstrasi di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, sejak pagi tadi. Akibatnya, kemacetan pun tak dapat terhindarkan.
Nur Hasan (31), sopir truk yang terjebak di kemacetan imbas dari aksi demo buruh ini mengaku telah menunggu hingga 12 jam. Ia datang sejak pukul 05.30 WIB dan jalan sudah ditutup.

“Dari jam setengah 6 pagi tadi di Bunderan terus bisa jalan dikit. Di sini ternyata di blokadenya,” ucapnya saat ditemui di lampu merah Cibitung, pukul 17.00 WIB, Kamis (23/11/2023).

Hasan yang mengendarai truk pencampur semen untuk proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan ini merasa dirugikan dengan pemblokiran jalan yang dilakukan oleh para pendemo. Sebab, kerugian akibat bekunya bahan yang ia bawa diperkirakan mencapai Rp 8 juta.


“Ya kalo dibilang ngerugiin, ngerugiin sih. Ini kan mixer. Dipakai untuk proyek lain. Dari pagi kan kita udah ditungguin nih, seharusnya kan kita ngejar proyek Jalan Tol Japek (Jakarta-Cikampek) Selatan,” ujarnya

“Tapi karena ada orasi ini jadi nggak bisa. Ini juga udah bekuan lah. Semennya yang di dalem udah beku. Rugi ya rugi. Biaya bobol ya lebih dari Rp 8 jutaan. Mau mundur nggak bisa. Maju nggak bisa. Udah stuck di sini,” tambahnya.

Selaras dengan Hasan, Awang (23), sopir truk yang juga terkena macet imbas dari demo buruh ini mengaku lelah dengan lamanya waktu tunggu akibat pemblokadean jalan. Ia yang juga telah menunggu sejak pukul 05.50 WIB itu merasa getir karena hari ini tak akan dapat upah karena tak tercapainya tujuan muatan yang seharusnya dibongkar pada pukul 09.00 pagi ini.

“Cuma buat kita-kita yang kayak sopir-sopir kayak gini, yang buat kehidupannya kalau udah narik baru dapet duit, buat makan besok, susah sih. Harusnya bongkaran jam 9 pagi tadi tapi jam segini masih di sini,” ujarnya.

Meski begitu, ia tak menampik jika orasi buruh ini mungkin saja bermanfaat bagi para buruh. Namun ia menyayangkan adanya pemblokadean jalan yang berimbas pada pekerjaan utamanya itu.

“Ya sebenernya orasi buruh gini ya bener buat buruh. Tapi buat saya yang sopir kayak gini, capek lah pokonya,” tutupnya.

Sebelumnya, massa buruh berdemonstrasi di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, pagi ini. Imbasnya, terjadi kemacetan arus lalu lintas di sejumlah titik menjelang lokasi demo. https://merujaksore.com

Terlihat pukul 18.00 WIB, lalu lintas sudah mulai terurai. Demo buruh pun sudah berakhir.